Memahami nilai-nilai dan prinsip yang dianut anak muda adalah kunci sukses dalam memenangkan loyalitas anak muda
Membuat anak muda menjadi loyal terhadap suatu produk bukan hal yang mudah, apalagi anak muda dikenal dengan prinsip yang tidak mudah berubah. Tapi disitulah letak tantangan yang harus di taklukan oleh pemasar, dimana pemasar harus selalu update terhadap perubahan yang terjadi dengan sangat cepat. Berbeda diantara mereka yang selalu berinteraksi dengan anak muda, memudahkan para pemasar untuk mengenal subcultur ini, tentunya sekaligus mendekatkan brand mereka, sehingga menjadi brand yang paling familiar dikalangan anak muda, bahkan hingga membuat para anak muda menjadikan brand tersebut dengan bagian dari hidup mereka. Berikut adalah beberapa brand produk yang diakui sebagai favorit brand anak muda dari 22 kategori produk.
No Category Product youth’s brand favorite
1 Hair cream / Gel Gatsby
2 Shampoo Pantene
3 Facial Soap Pounds
4 Mouisturizer Pounds
5 Jeans Lea
6 Shoes Converse
7 Handphone Nokia
8 SIM Card Simpati
9 Motorcycle Honda
10 Car Toyota
11 Cigarette Sampoerna
12 Candy Relaxa
13 Instant Noodle Indonesia
14 Fast Food KFC
15 Deodorant Rexona
16 Laptop/PC Acer
17 Tv LG
18 Tooth Paste Pepsodent
19 Sanitary Napkin Charm
20 Bank (Saving Category) BCA
21 Bank (Credit Card Category) BCA
22 Lubricant Oil Top one
Source : Markplus Insight
Favorite brands tersebut, tidak selalu unggul disemua segmen usia anak muda, sebagai contoh untuk kategori SIM card Dansepeda Motor Berdasarkan kelompok usia , Simpati dan Honda unggul pada usia antara 25 tahun hingga 35 tahun, sementara indosat dan Yamaha, menjadi favorit kelompok usia yang lebih muda yaitu usia 14 hingga 24 tahun. Tentunya dari hal tersebut terkait dengan strategi dan pendekatan yang telah dilakukan oleh masing-masing brand tersebut.
Sumber : Majalah marketeers (dengan perubahan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
kamu bisa kasih komen disini...