Selasa, 18 Mei 2010

Contoh penulisan karangan Teknik

Tugas : bahasa Indonesia

Latihan 4 : Penulisan Teknik


Contoh penulisan karangan Teknik



Investasi Saham


Begitu banyak investasi yang bias dipilih, salah satu investasi yang paling banyak diminati oleh para investor adalah investasi dalam bentuk portofolio biasanya yang dipilih adalh bentuk portofolio saham. Saham sendiri memiliki banyak jenis seperti saham biasa dan saham prefern serta saham yang lainnya.

Saham biasa adalah surat berharga sebagai bukti pernyataan / kepemilikan individu maupun institusi atas suatu perusahaan. Saham biasa memiliki sifat seperti memiliki hak atas pendapatan yaitu berupa deviden, berhak atas harta perusahaan, serta mempunyai hak suara dalam RUPS. Sedangkan saham prefern tidak memiliki hak suara dalam RUPS tetapi dijanjikan deviden yang jumlahnya pasti dan tetap dalam persentase tertentu (tingkat bunga yang dijanjikan perusahaan) yang pembayarannya didahulukan disbanding saham biasa.

Investasi dalam bentuk portofolio saham ada beberapahal yang harus diketahhi selain memberikan keuntungan berupa Capital Gain atau selisih nilai jual saham dimana nilai jula saham lebih besar dari pada nilai beli saham, serta deviden. Saham juga memiliki kerugian yaitu berupa Capital Loss atau kerugian yang diakibatkan oleh adanya selisih negative antara nilai jual saham dengan nilai beli saham, diman nilai jual saham memiliki nilai yang lebih kecil dibandingkan dengan nilai beli, serta kerugian yang dapat terjadi akibat perusahaan dilukidasi atau dinyatakan Gagal atau bangkrut.

Tugas : bahasa Indonesia

Latihan 5 : Penulisan Teknik



Peranan Bahasa Indonesia dalam Konsep ilmiah


Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit memberikan opini saya mengenai Bahasa Indonesia dalam konsep ilmiah yaitu apakah bahasa Indonesia mampu sebagai perantara atau sebagai media dalam menuangkan suatu konsep ilmiah ?.


Seperti yang kita ketahui.Bahasa Indonesia banyak dikenal sebagai bahasa pemersatu bangsa, selain itu bahasa Indonesia juga digunakan sebagai bahasa pengantar dalam dunia pendidikan dan pertemuan ilmiah.


Begitu juga dalam penulisan ilmah seperti penulisan makalah usulan penelitian,laporan penelitian, skripsi, tesis, dan disertasi kini telah menerapkan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar atau menggunakan bahasa baku.


Menurut pendapat saya, bahasa Indonesia dalam konsep ilmiah boleh dikatakan mampu menjadi perantara atau media dalam menuangkan suatu konsep ilmiah. Seperti yang kita biasa kita sering temukan dalam beberapa jenis penulisan ilmiah (skripsi, tesis, dan disertasi), dari berbagai jenis penulisan tersebut dapat kita nyatakan bahwa sudah banyak di antara sebuah penulisan ilmiah tersebut yang sudah mampu menggunakan bahasa Indonesia sebagai perantara atau sebagai media dalam menuangkan suatu konsep ilmiah.

Namun dalam penerapanya terkadang masih banyak kesalahan. Terutama dalam segi penggunaan kata, struktur kalimat, dan penempatan tanda baca (seperti : tanda baca titik, koma, dsb).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kamu bisa kasih komen disini...