Kamis, 17 Desember 2009

pengaruh iklan dalam pengambilan keputusan konsumen untuk membeli suatu produk



Mungkin setiap hari terdapat banyak produk baru yang dilempar kepasaran, namun tak banyak produk yang mampu bertahan dipasar. Lama atau tidaknya produk mampu bertahan dipasar adalah karena bagusnya kualitas dari produk yang mereka beli. jika konsumen merasa produk yang dibelinya telah baik secara kualitas, maka konsumen akan memutuskan untuk tetap menggunakan atau membeli produk itu. Jika konsumen telah merasa puas atas suatu produk yang mereka beli tentunya akan menyebakan naiknya permintaan akan produk tersebut.

Namun tak dapat dipungkiri bahwa media iklan pun dapat mempengaruhi konsumen dalam proses pengambilan keputusan untuk membeli suatu produk. Misal si X adalah model iklan produk parfum, dimana si model iklan ini mempunyai fisik yang bagus. Dan dalam iklan tersebut si model banyak dikejar-kejar lawan jenisnya setelah memakai produk parfum tersebut. Maka adegan yang ada di dalam iklan akan direkam dalam benak konsumen sehingga konsumen termotivasi untuk membeli produk parfum tersebut. Banyak hal yang dapat menjadi dasar mengapa si konsumen membeli produk tersebut, bisa karena si konsumen memang nge-fans terhadap si model sehingga ia harus memakai produk yang diiklankan oleh idolanya, atau ia termotivasi ingin seperti si X di kejar-kejar banyak lawan jenis setelah menggunakan produk parfum tersebut. Atau konsumen membeli produk tersebut untuk menambah percaya dirinya.

Dari apa yang sudah dijelaskan diatas menerangkan bahwa iklan mempunyai peranan penting dalam meningkatkan permintaan akan suatu produk tertentu.

2 komentar:

  1. SUMBERNYA KOK GA DICANTUMIN BOSS

    BalasHapus
  2. saya hanya mengemukakan pendapat saya saja, terutama yang berkaitan dengan kenyataan di lapangan... :P

    BalasHapus

kamu bisa kasih komen disini...