Kamis, 17 Desember 2009

PERILAKU DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN OLEH KONSUMEN RESTORAN










Sekarang ini begitu banyak resto yang bermunculan. Hal ini menjadikan lahan usaha ini semakin ketat dalam bersaing menarik pelanggan. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh seorang manajer pemasaran untuk menarik para konsumen agar datang ke restoran. Namun manajer pemasaran harus jeli dengan strategi-strategi yang akan diterapkan untuk menarik minat konsumen agar datang ke resto.

Berikut adalah strategi-strategi yang banyak dilakukan oleh para manajer pemasaran suatu resto :

1. Karamahan para peramusaji/pelayan
Pelayanan kepada konsumen biasanya menjadi hal yang selalu diperhatikan oleh banyak pengelola suatu usaha resto. Karena pelayanan yang baik dari karyawan biasanya mempengaruhi proses pengambilan keputusan dari seorang konsumen untuk datang kembali atau tidak ke resto tersebut.

2. Cepat dalam melayani pesanan konsumen
Selanjutnya konsumen akan mulai melihat apakah dari segi pelayanan dalam memesan suatu menu memerlukan waktu yang lama atau tidak, karena biasanya para konsumen enggan menunggu terlalu lama terhadap makanan yang dipesannya.

3. Kebersihan ruangan, tata ruang dan fasilitas yang disediakan resto.
Seorang konsumen akan merasa nyaman bila resto dapat menciptakan suasana resto yang bersih, dengan tata ruang yang baik, dan yang sekarang ini sedang nge-trend adalah banyaknya resto yang mulai memfasilitasi resto mereka dengan area hot-spot (Wi-Fi).

4. Banyaknya promo yang diberiak kepada konsumen
Promo yang dilakukan oleh resto pun dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk datang ke resto-resto yang memberikan banyak promo mulai dari promo diskon setiap pembelian suatu produk tertentu, hingga promo buy 1 free 1, dan masih banyak lagi promo-promo yang dapat dilakukan oleh pengusaha resto untuk menarik banyak konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kamu bisa kasih komen disini...