Minggu, 18 Oktober 2009

PENEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN SEBAGAI ALAT PENUNJANG KEPUTUSAN PEMASARAN (STUDI KASUS PADA PT. X)



PENEMBANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN
SEBAGAI ALAT PENUNJANG KEPUTUSAN PEMASARAN
(STUDI KASUS PADA PT. X)
Ignasius bayu purnomo dan Toto sugiharto
PT. Exel Media Komputindo
Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma

Masalah :
Lamanya waktu yang diperlukan untuk mengambil dan mengolah data pemasaran sehingga sumber daya yang bertugas tidak dapat melakukan penelitian dan analisa secara lebih cepat dan inovatif untuk pengambilan keputusan.
Latar belakang :
Sistem informasi pemasaran merupakan hal yang penting yang harus dimiliki oleh suatu perusahaan . namun apakah perusahaan telah mempunyai sistem informasi yang baik. Baik disini apakah sistem informasi yang digunakan telah banyak membantu perusahaan dalam mengambil keputusan. Dan biasanya ini berhubungan juga dengan efektifitas dan efisiensi kinerja perusahaan.
Tujuan penelitian :
Membngun atau mengembangkan suatu informasi penjualan yang terkomputerisasi yang berguna untuk mengolah data penjualan menjadi informasi yang dibutuhkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan didalam PT. X.
Metode Penelitian :
Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2001 sampai dengan bulan maret 2002, dengan menggunakan data tahun 2000 sampai dengan tahun 2001, di PT. X yang bergerak dibidang pernerbitan/percetakan di Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan mengguakan metode pendekatan yang secara garis besar terdiri dari tiga atahap. Pertama, mendeskrifsikan sistem yang saat ini digunakan. Kedua, menganalisis kinerja sistem yang dimaksud dalam menghasilkan informasi penjualan. Berdasarkan sistem informasi pada hasil analisis dalam langkah kedua, mengembangkan sistem informasi penjualan baru yang terkomputerisasi. Disamping itu, digunakan juga metode komparasi denghan tujuan untuk membandingkan kinerja sistem manual yang lama dengan kinerja sistem baru yang terkomputerisasi.
Hasil penelitian :
Pada sistem yang belum terkompterisasi, permintaan informasi diatas belum dapat terpenuhi. Pada sistem informasi penjualan yang terkomuterisasi, waktu yang dibutuhkan untuk menampilkan informasi tersebut adalah1 – 3 menit.

SIP yang tertkomputerisasi mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan dengan cara manual pada sistem yang lama, yaitu :
 Tidak dibutuhkan tenaga khusus untuk mengolah data, yang artinya PT. AX dapat menghemat biaya atenaga kerja.
 Tiap bagian yang membutuhkan informasi penjualan dapat langsung menggunakan system informasi ini pada komputernya masing-masing.
 Waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan informasi relative lebih cepat.
 Variasi yang dapat dihasilkan relaif lebih banyak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kamu bisa kasih komen disini...